Cuman Selisih Empat Persen Suara Prabowi Jokowi

Kubu nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno telah menciptakan tim guna survei internalnya sendiri. Berdasarkan hasil survei internalnya, pendapatan angka Prabowo-Sandiaga melulu selisih 3-4 persen dengan pasangan calon nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin.

Kira-kira wilayah mana saja yang dinilai masih lemah dan unggul guna kubu Prabowo-Sandiaga di survei internal mereka?

1. Kubu Prabowo klaim selisih suara melulu 3-4 persen

Pakar Digital dan Koornas Pride Prabowo-Sandiaga, Anthony Leong, mengucapkan hasil survei internal Badan Pemenangan Nasional (BPN). Menurutnya, hasil survei pasangan Prabowo-Sandiaga dan Jokowi-Ma'ruf melulu berselisih 3-4 persen. Meskipun Jokowi-Ma'ruf masih tetap unggul.

"Ya jadi tersebut (survei) internalnya selisih 3-4 persen. Jadi anda enggak percaya dengan survei lainnya," kata Anthony di wilayah Meruya, Jakarta Barat pada Minggu (16/12).

2. Daerah pedesaan masih mejadi titik lemah Prabowo-Sandiaga

Koordinator Nasional Sahabat Prabowo-Sandiaga, Anggawira, menuliskan dalam survei internal memang elektabilitas Prabowo-Sandiaga merasakan peningkatan. Namun, tetap saja mereka tetap memiliki tidak sedikit tugas, khususnya untuk menggapai suara di pedesaan.

"Tapi memang PR kami masih di pedesaan ya. Masih ada sejumlah karena kan gak tercapai sosial media," kata Angga di lokasi yang sama pada Minggu (16/12).

3. Prabowo-Sandiaga bakal incar suara di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Dijelaskan Angga, pertarungan dalam kontestasi Pilpres lebih tampak di distrik Pulau Jawa. Disebutnya, pasangan Prabowo-Sandi sendiri ketika ini sedang membidik suara di Jawa Tengah dan Jawa Timur, sampai-sampai segala infrastruktur bakal dikerahkan oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga.

"Kalau di Jawa Barat relatif kami memang unggul, melulu tinggal tidak banyak di distrik Pantura ya. Kami masih ada tidak banyak belum tinggi keunggulannya. Memang, anda ketahui di Pantura ini kan basis tradisional PDIP dan Golkar yang memang menyokong pasangan Jokowi-Ma'ruf," kata Angga.

4. Kubu Prabowo sebut masih menang di Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten

Di samping itu, Angga melafalkan wilayah-wilayah, di mana BPN klaim pasangan Prabowo-Sandiaga lebih unggul dari pasangan Jokowi-Ma'ruf. Berdasarkan keterangan dari Angga, Prabowo-Sandiaga sekarang telah mengantongi suara di provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten.

"(Di) Jawa Barat kami unggul. DKI Jakarta, Banten, alhamdulillah kemenangan di atas 60 persen. Jawa Timur 50:50. Jawa Tengah masih terdapat kekalahan sedikit, tapi bila kita kemarin referensinya Pilkada ya, Sudirman Said kemarin kan dapat mengejar walaupun boleh dibilang sumber daya terbatas," ucap Angga.

5. Sumatera dan Kalimantan dianggap telah dimenangkan Prabowo-Sandiaga

Tidak melulu itu, Angga mengungkapkan suara di Sumatera guna Prabowo-Sandiaga terbilang lumayan kuat. Tetapi, di unsur Timur, Prabowo-Sandiaga masih bekerja lebih keras lagi.

"(Di) Sumatera kami menang, Kalimantan kami memang. Mungkin di Indonesia Timur ya yang memang butuh kerja tambahan lagi. Tapi kan sebab jumlah warga 70 persen di Jawa, inginkan gak inginkan ya battle drown di Jawa," kata dia.